1

Sumatif

Posted by adamou_dasilva on 6:41 PM
Hari senin besok, 1 Desember, gue dan anak anak SMP YPK ato bahkan SMP SMA lainnya bakal menghadapi SUMATIF. Ujian tengah semester 1. Kalo begini, kita harus mengambil pepatah, bersaki sakit dahulu, bersenang senang kemudian. Jadi, belajar suah payah diumpamakan sakit, libur panjang diumpamakan senang senang.

Sumatif diadakan 5 hari berturut turut. Cukup lama juga, apalagi sehari ada 2 mata pelajaran yang diulangkan. Berarti kalo 5 hari, 2 pelajaran x 5 hari = 10 pelajaran (halah, kalo gini sih kita dah pada tau.) . Kalo kita enjoy, rileks, santai, tenang, dan semacamnya, menghadapi hari hari tersebut, pasti (insya allah) rasanya hari tersebut terasa cepat. Bandingkan dengan perasaan gelisah, gak tenang, wah, pasti bakal lama banget ngerasain hari hari Sumatif.

Mungkin hal yang paling sulit dalam sumatif adalah belajarnya. Sulit memang kita membagi waktu belajar. Kalo kita SKS, Sistem Kebut Semalem, yakin deh, pusing 700 keliling. Besoknya pas ulangan bakal kesulitan. Jadi, ya nyicil dari beberapa haari sebelum ulangan. Dan inget kan, kayak yang tak pernah tulis, belajarnya gak usah lama lama, cukup 45 meni tapi efektif. Misalnya jam 11 - 11.45 belajar agama, trus jam 2 - 2.45 belajar kimia. Nah sorenya, coba kurangi main, foks pada ulangan. Jam 5 - 5. 45 belajar Biologi. Malemnya Jam 7 - 7.45 belajar Sejarah.

Pada saat belajar, bisa sambil dengerin musik. Dan pas belajar, bisa beberapa jam berikutnya, nyicil pelajaran lain yang mungkin dikira cukup sulit. Kayak Kimia, Sejarah, dll. Dan jangan lupa berdoa, Setiap habis sembahyang, berdoa supaya dapet nilai bagus. Habis itu pasarkan eh, pasrahkan pada tuhan. Semua yang kita usahakan pasrahkan pada tuhan, karena tuhan yang menentukan (yaelah, kayak ustadz aja.).

Ayo mulai sekarang belajar, jangan nyesel kemudian. Nanti pas ulangan, bingung gara gara gak belajar. Oh iya, jangan sombong. Misalnya kita pinter Bahasa Indonesia, jangan bilang"Males belajar Bahasa Indonesia, gampang aja.". Jangan begitu. Tau tau sulit ulangan Bahasa Indonesia. Wah sulit tu. Oleh karena itu, jangan sombong.

S= Sulit dikerjakan jika gak belajar.
U= Untuk itu kita harus belajar yang serius.
M= Malas, sifat buruk yang harus dihilangkan pas sumatif.
A= Ayo mulai sekarang belajar, jangan di nanti nanti.
T= Tidak Boleh nyontek pas ujian.
I= Ingat, bersakit sakit dahulu, bersenang senag kemudian.
F= Fasti, jika kita belajar serius, dapet nilai bagus (maksa..)

AYO BELAJAR!!!

Copyright © 2009 Cerita 94 All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.